Kepala KUPP Karangantu, Amarullah Djamil memberikan life jacket dan bendera merah putih kepada nelayan Karangantu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Rabu (15/8/2018). Foto Ronald Siagian/Selatsunda.com

SERANG, SSC – Dalam rangka meningkatkan keamanan dan keselamatan kapal tradisional, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Karangantu di Kota Serang membagikan ratusan life jacket kepada nelayan yang ada di Karangantu dan sekitarnya, Rabu (15/8/2018). Pembagian dalam rangka Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia ini juga dirangkai dengan pemberian bendera merah putih kepada para nelayan.

Kepala KUPP Karangantu, Amarullah Djamil mengatakan, fasilitas alat keselamatan kapal tradisional Karangantu  dan sekitar dinilai masih tergolong minim. Padahal alat itu sangat penting untuk disediakan. Dengan pemberian life jacket, kesadaran pentingnya keselamatan ketika berlayar dapat ditingkatkan para nelayan.

“Hari ini kita memberikan 100 life jacket kepada nelayan kapal tradisional di Karangantu, Pulau Panjang,  Pulau Tunda dan Pontang. Ini bukan hanya sekedar simbolis saja tetapi sekaligus kita berupaya untuk meningkatkan keselamatan bagi para nelayan,” ungkapnya.

Selain pemberian alat keselamatan, kata pejabat yang kerap disapa Amir ini, KUPP juga memberikan bendera merah putih. Menurut Amir, bendera yang ada pada kebanyakan kapal nelayan di Karangantu sudah kurang layak untuk digunakan. Dengan pemberian ini, lanjutnya, dapat mendorong semangat para nelayan.

“Saya melihat nelayan disini punya semangat yang tinggi. Oleh karena itu, bendera merah putih yang diberikan menjelang HUT RI ini jadi suatu bentuk semangat dan motivasi kepada nelayan untuk memajukan maritim di Banten,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Serang, Sulhi Choir mengapresiasi pemberian bantuan bendera dan life jacket gratis yang diinisiasi KUPP Karangantu. Terutama tentang pemberian bendera, kata Sulhi, diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya. Bendera diatas kapal nelayan harus selalu dikibarkan sebagai bentuk identitas bangsa.

“Saya mengharapkan, agar pemberian bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Adapun dengan adanya bendera merah putih selalu berkibar saat nelayan Indonesia berlayar, maka keberadaan kapal Indonesia lebih mudah dipantau. Kemanapun mereka berlayar untuk jangan lupa bendera merah putih selalu berkibar dikapalnya, ” pungkasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here