CILEGON, SSC – UPTD Pasar Kranggot mengakui masih cukup sulit untuk merealisasikan target retribusi pada tahun 2018 ini. Dari target Rp 447.920.750, realisasi retribusi hingga akhir 2018 di pasar yang berlokasi di Kecamatan Jombang ini hanya tercapai Rp 357.441.000 atau mencapai 79,80 persen.

Kasubag Tata Usaha UPTD Pasar Kranggot, Kota Cilegon Aceng Syarifudin mengaku,  faktor yang mempengaruhi belum tercapainya target di Pasar Kranggot yakni, tingginya target yang ditentukan oleh Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Kota Cilegon sehingga menyulitkan pihak UPTD untuk mencapainya. Selain itu, Sumber Daya Manusia (SDM) dari petugas retribusi masih minim. Sekitar 95 persen petugas yang ada di pasar merupakan Tenaga Harian Lepas (THL).

Baca juga  Tak Serahkan PSU, Pengembang Perumahan di Kota Serang Terancam Sanksi Pidana

“Tapi faktor utama kenapa setiap tahun target pendapatan tidak tercapai ini, karena target yang ditentukan oleh Disperindag terlalu tinggi,” kata Aceng kepada Selatsunda.com, Senin (25/11/2018)

Sekalipun belum tercapai, disebutkan Aceng, UPTD tetap  berupaya untuk meningkatkan retribusi secara intens. Diantaranya dengan melakukan sosialisasi kepada pedagang untuk mematuhi aturan yang sudah disepakati. Disamping itu, UPTD juga melakukan koordinasi dengan Disperindag.

“Koordinasi ke pihak dinas hampir setiap hari. Begitu juga sosialisasi ke pedagang agar memaksimalkan retribusi pasar, apalagi dari tahun ke tahun, target pendapatan selalu meleset dari harapan,” ujarnya.

Masih kata Aceng, untuk tarif retribusi yang ditarik dari para pedagang sesuai dengan jenis tempat pedagang berjualan. Untuk di emprakan sebesar Rp750 rupiah, los sebesar Rp1.000, auning Rp 2.000 dan toko sebesar Rp 2.500. Sementara untuk total pedagang di Pasar Kranggot sebesar Rp 2.438 pedagang formal dan 600 pedagang non formal (tidak memiliki kios atau auning).

Baca juga  Tak Serahkan PSU, Pengembang Perumahan di Kota Serang Terancam Sanksi Pidana

“Kita sih berharap, target 2019 pendapatan bisa terealisasi dengan baik,” harapnya. (Ully/Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini