CILEGON, SSC – Sekolah di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri dan swasta di Kota Cilegon diimbau untuk meningkatkan pendidikan karakter anak. Salah satu upayanya bisa dilakukan melalui pemutaran sebuah film.

Produser Film Ayu Anak Titipan Surga, Bagus Haryanto menganggap pengaruh pemutaran film untuk perkembangan siswa sangatlah diperlukan. Selain mampu memberikan rasa rileks kepada para siswa tentunya juga memberikan penguatan pendidikan karakter bagi anak. Penguatan pendidikan karakter anak ini diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) 87/2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Lima penguatan karakter yang ada dalam film diantaranya religiusitas, integritas, nasionalisme, kepemimpinan, dan gotong royong.

“Lima karakter tersebut ada dalam film itu. Untuk mentransformasikan Perpres 87 tahun 2017, dirangkum dalam rangkaian cerita film,” kata Bagus usai pemutaran film kepada ratusan kepala sekolah di Aula Kantor Dinas Pendidikan (Dindik) Cilegon, Kamis (29/8/2019).

Menurut Bagus, dari hasil survey yang telah dilakukan di 2018 silam, ada beberapa faktor yang cenderung melemahkan karakter anak diantaranya tentang dampak kekerasan. Maka dari itu, kata dia, pendidikan karakter harus dikuatkan terutama ditanamkan sejak usia dini.

“Harapan kami, anak-anak yang sekarang masih duduk di bangku SD (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama) akan menjadi penerus kita dalam segala bidang termasuk pembangunan. Dan kami pun berharap, di 2045 Indonesia bisa menciptakan generasi yang berpotensial,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon Muhtar Gojali mengapresiasi kegiatan pemutaran film yang diprioritaskan kepada para kepala sekolah. Ia pun meminta agar kepala sekolah bisa menerapkan nonton film bertema pendidikan karakter kepada siswa di sekolah.

“Meskipun ini sifatnya imbauan saja, tapi kita berharap, agar hal ini bisa benar-benar direaliasi oleh para kepsek SD maupun kepsek SMP,”  ujar Muhtar. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here