SERANG, SSC – Jelang tahun ajaran baru, toko perlengkapan sekolah mulai diserbu orangtua murid. Hal ini terlihat di sejumlah toko seragam sekolah di Royal, Kota Serang.

Salah satu pelayan Toko Tohaga, Rini mengaku, saat ini permintaan seragam sekolah SD sudah mulai meningkat. Peningkatan permintaan seragam sekolah mencapai 50 persen dibandingkan dengan hari biasanya.

“Meskipun ajaran baru baru akan mulai dua minggu kedepan, tapi permintaan seragam sekolah untuk SD sudah mencapai 50 persen dibandingkan dengan hari biasanya,” kata Rini kepada Selatsunda.com, Selasa (3/7/2018).

Rini menambahkan, kenaikan penjualan seragam ini akan terus mengalami peningkatan mengingat libur segera berakhir dan pendaftaran sekolah sudah dimulai.

“Kemungkinan akan ada peningkatan lagi lah. Karena kan libur sekolah dua minggu lagi. Mungkin minggu depan lah akan terlihat peningkatannya,” tambah Rini.

Diakui Rini, peningkatan permintaan seragam sekolah baru untuk seragam sekolah dasar, sedangkan untuk seragam SMP dan SMA masih belum terlihat.

“Baru seragam SD yang mulai meningkat. Sedangkan, untuk seragam SMP dan SMA kan belum ada peningkatan,” ujarnya.

Disinggung mengenai kenaikan harga, lanjut Rini, hampir setiap tahunnya, harga seragam sekolah mengalami kenaikan. Tahun ini kenaikan harga mencapai Rp5.000 per seragam .

“Kenaikan harga seragam ini karena bahan untuk membuat seragam terus naik. Kenaikan bahan ini juga berpengaruh terhadap penjualan seragam,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu orangtua Pamela mengungkapkan, sengaja membeli seragam pada saat ini untuk menghindari membludaknya pembeli yang ingin membeli seragam sekolah.

“Kalau beli pas mau masuk sekolah rame banget. Lebih baik sekarang lebih leluasa dan belum rame juga. Daripada desak-desakan dengan pembeli yang lain,” terangnya.

Mengenai harga, dirinya tak mempersoalkan kenaikan harga yang hampir tiap tahunnya terjadi ini.

“Ya demi anak untuk sekolah Mbak. Kalau gak dibeli terus mau pake apa dong anak saya sekolah,” tandasnya seraya tersenyum. (Ully/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here