Petugas menurunkan logistik pemilu di Kecamatan Jombang, Kota Cilegon dari berbagai TPS, Kamis (18/4/2019). Foto Ronald/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pergesaran logistik pemilu 2019 mulai mengalir dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) ke Kantor Kecamatan di Kota Cilegon. Logistik mulai dikembalikan setelah perhitungan surat suara selesai.

Salah satunya seperti di Kantor Kecamatan Jombang. Informasi yang dihimpun, Logistik pilpres dan pileg sudah mulai digeser sejak Rabu (17/4/2019) tadi malam hingga Kamis (18/4/2019), siang ini. Logistik yang terakhir tiba pukul 13.45 WIB dari 4 TPS di Kelurahan Gedong Dalem. Petugas kepolisian di lokasi terlihat berjaga-jaga.

Ketua Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) Jombang, Arip Maruf mengatakan, logistik baik surat suara, kotak suara dan bilik suara pertama tiba di kecamatan tadi malam sekitar pukul 22.00 WIB. Jumlah keseluruhan dari 756 bilik suara dan 945 kotak suara di Jombang sudah diterima PPK 100 persen.

“Yang datang hari ini dari 4 TPS di Gedong Dalem, ini yang terakhir. Semua sudah kita terima lengkap,” ujar Arip ditemui di Kantor Kecamatan Jombang.

Logistik dari 189 TPS di Kecamatan Jombang diterima dari 5 kelurahan. Diantaranya, Kelurahan Jombang Wetan sebanyak 64 TPS, Masigit 41 TPS, Sukmajaya 33 TPS, Panggung Rawi 31 TPS, Kelurahan Gedong Dalem 20 TPS. Rencananya esok, Jumat (19/4/3019), PPK akan melaksanakan rapat pleno rekapitulasi perhitungan surat suara di kantor kecamatan.

“(Logisitik) Sudah mulai dari tadi malam, ada yang sudah selesai jam 21.00 WIB malam, itu yang DPT-nya sedikit. Jadi besok kita rencanakan rapat rekapitulasi pukul 13.30 WIB. Hari ini, selesai semua (logistik) masuk, kita siapkan tempat dulu dan kasih kawan-kawan istirahat dulu,” paparnya.

Sejauh ini, kata Arip, seluruh logistik sudah selesai diterima PPK dari Panitia Pemungutan Suara (PPS). Sementara, berita acara model C KPU berikut dengan lampirannya serta sertifikat hasil perhitungan di TPS, masih berposes.

“Secara umum semua sudah. Namun sampai saat ini, kawan-kawan di PPS masih ada yang belum menyampaikan. Karena mungkin mereka sedang pilah-pilah mana yang buat KPU dan PPK. Yang terpenting kita sudah amankan (berkas asli logisitik dalam kotak) yang berhologram, utamanya kotak presiden,” tandasnya. (Ronald/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?