Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi memberi sambutan dalam kegiatan sosialisasi rauv penghargaan Adipura saat berada di DPRD Cilegon, Kamis (18/10/2018). Foto Ist

CILEGON, SSC – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cilegon Edi Ariadi membujuk untuk seluruh masyarakat serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Cilegon untuk lebih meningkatkan keperdulian terhadap lingkungan terutama menyangkut permasalahan sampah. Ini dilakukan pemkot sebagai upaya untuk meraih penghargaan Adipura.

“Saya meminta agar keperdulian dari masyarakat maupun OPD dapat membantu pemerintah dalam menyelesaikan persoalan sampah ini. Kita ingin, agar Kota Cilegon bisa mewujudkan kota yang bersih dan hijau,” kata Edi dalam acara Sosialisasi Adipura tahun 2018 untuk Cilegon meraih Adipura acara tersebut diadakan di Aula DPRD Kota Cilegon, Kamis (18/10).

Diakui Edi, sosialisasi yang dilakukan untuk meraih Adipura ini sangatlah penting bagi suatu daerah. Untuk menumbuhkan keperdulian kepada masyarakat terhadap pelestarian lingkungan ini perlu kesadaran yang dibangun.

“Sosialisasi adipura ini sangatlah penting sebagai indikasi pengelolaan kota untuk meningkatkan partisipasi dan kepedulian masyarakat Kota Cilegon. Dalam pengelolaan sampah penataan serta pelestarian lingkungan agar dapat mewujudkan Kota Cilegon yang bersih dan hijau,” ungkapnya.

Ia menceritakan, pada 22 Juli 2016 silam, Kota Cilegon meraih sertifikat adipura yang diberikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Siak sebagai peningkatan kinerja pengelolaan lingkungan perkotaan dari tahun sebelumnya meningkat signifikan.

“Dengan penghargaan ini, diharapkan adanya dukungan dan support dari semua pihak agar Kota Cilegon bisa meraih penghargaan Adipura,” paparnya.

Khusus kepada kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ia meminta agar dapat melakukan pendekatan kepada masyarakat Kota Cilegon melalui sosialisasi berkelanjutan.

“Saya minta kepada seluruh pedagai OPD agar bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan sekitar dan terus melakukan sosialisai pada masyarakat Kota Cilegon agar memberikan kenyamanan pada lingkungan dan terpelihara kebersihan sehingga memberikan pengaruh juga terhadap kinerja para pegawai dalam mensukseskan program-program pembangunan Pemkot Cilegon,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ujang Iing berharap, penyelenggaraan kegiatan ini bukan sekedar untuk meraih Adipura saja namun utamanya justru masyarakat diajak untuk lebih sadar dan perduli menjaga lingkungan.

“Saya berharap diadakannya acara ini dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar pada program kebersihan yang dijalankan, agar tak hanya sekedar meraih penghargaan. Tetapi lebih pada kepedulian terhadap lingkungan, terutama kebersihan,” harapnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here