Kondisi saat ini Lahan PT KIEC yang akan dibangun Transmart, Jumat (12/10/2018). Foto Elfrida Ully/Selatsunda.com

CILEGON, SSC – Pembangunan Transmart yang berlokasi di Lapangan Sumampir, Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon kembali dilanjutkan. Diketahui sebelumnya, pembangunan ini sempat tertunda sejak kasus dugaan ‎suap pemulusan perizinan pembangunan Mall Transmart yang menyeret Walikota Non Aktif Cilegon Tb Iman Ariyadi, mencuat.

Plt Direktur Utama, PT Kiec Priyo Budianto yang dikonfirmasi tidak menampik hal itu. Priyo usai press conference Wedding Fair di The Royal Krakatau Hotel, Jumat (12/10/2018) mengatakan, Pembangunan Transmart sudah berjalan sejak dua minggu lalu. Pembangunan itu ditargetkan rampung sebelum Lebaran 2019 mendatang.

“Memang benar pembangunan Transmart sudah kembali dilakukan sejak dua minggu lalu. Sebelum dilakukan pembangunan, Pak Plt Walikota Cilegon (Edi Ariadi) meminta agar proses izin pembangunan kembali diulang dan Alhamdullilah izin pembangunannya pun sudah keluar diawal oktober. Tinggal kita (PT Kiec,red) menunggu dikeluarkannya IMB (Izin Mendirikan Bangunan),” kata Priyo.

Pembangunan Transmart, lanjutnya, dibangun di area seluas sekitar 4.000 meter persegi. Transmart akan dibangun 4 lantai meliputi sarana ritel (Carrefour), sarana perbelanjaan, pusat kuliner, bioskop CGV, dan juga arena permainan Mini Trans Studio. Diharapkan, dengan keberadaan Transmart di Cilegon akan mendorong kegiatan ekonomi daerah sekaligus dapat merangsang pembangunan infrastruktur.

Selain itu, kata dia, keberadaan Transmart juga dapat menciptakan iklim kemitraan yang saling menguntungkan antar pelaku usaha dengan masyarakat. Implikasinya, tenaga kerja terserap dan pendapatan masyarakat meningkat.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cilegon Edi Ariadi membenarkan jika pemkot tengah memproses izin pembangunan Transmart tersebut.

“Saya bilang Pak Direktur Kiec, diulang lagi dari nol perizininanya kalau dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) belum memberikan keputusan. Ternyata, Alhamdullilah karena diulang lagi, KPK memberikan izin untuk dibangun kembali. Kita suport-lah pembangunan ini. Karena ada multiplier effect yang akan diterima oleh Kota Cilegon dengan pembangunan Transmart ini,” jelas Edi.

Menurut Mantan Sekda Cilegon ini, kehadiran Transmart jangan hanya sebatas untuk mendongkrak keuntungan PT KIEC semata namun diharapkan pengaruhnya dapat meningkatkan ekonomi di Cilegon serta mengurangi angka pengangguran.

“Sekarang kan udah ada CCM (Cilegon Central Mall) terus ada Transmart Cilegon. Jadi nanti masyarakat enggak perlu lagi liburan ke Karawaci. Jadi kan nanti uangnya masuk untuk Cilegon. Kita harus support pembangunan Transmart ini,” pungkasnya. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here