Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kota Cilegon mencanangkan gerakan penanaman bibit pohon di 8 kecamatan se-Kota Cilegon. Foto Ist

CILEGON, SSC – Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kota Cilegon mencanangkan gerakan penanaman bibit pohon di 8 kecamatan se-Kota Cilegon. Pencanangan bibit pohon ini bekerjasama dengan PT PLN (Persero) Wilayah IV Banten.

Ketua GOW Cilegon, Sri Pujiati Fakih Usman mengatakan, penanaman pohon sudah dilaksanakan di 2 (dua) kecamatan yakni Kecamatan Ciwandan dan Citangkil. Pemberian bibit pohon sebanyak 700 bibit dari Corporate Social Responsibility (CSR) PLN ini akan dibagikan ke organisasi wanita di 8 kecamatan, Posyandu dan para ibu hamil.

“Untuk maing-masing organisasi wanita maupun Posyandu ini akan mendapatkan 50-100 bibit pohon. Dengan bibit pohon ini, diharapkan dapat berkembang bahkan dapat bermanfaat untuk semua masyarakat,” kata Sri Pujiati kepada Selatsunda.com, Jumat (12/10/2018).

Sri mengungkapkan, tujuan gerakan penanaman ini dilakukan karena daerah resapan di Cilegon sudah mulai berkurang. Hal itu menyebabkan bencana banjir saat musim hujan.

“Saat ini kan udah masuk musim penghujan, jadi kita ingin mengantisipasi persoalan banjir ini dengan terus melakukan penanaman pohon. Masalah banjir ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi adanya kerja sama dari masyarakat untuk giat melakukan penanaman pohon. Sekecil apapun kegiatan yang dilakukan, maka akan membantu mencegah terjadinya banjir di Kota Cilegon,” ungkap ibu 4 anak ini.

Ia meminta, gerakan ini, bukan hanya sekedar seremonial tapi terus digalakan di masyarakat sebagai gerakan penyelamatan lingkungan.

“Tentunya semakin banyak kita menenam pohon, akan berdampak lebih baik lagi untuk lingkungan sekitar. Semakin banyak pohon yang ditanam semakin segar udara dan semakin banyak mata air dan akan semakin banyak pula rizki masyarakat sehingga akan lebih bahagia sebaliknya sedikit pohon yang ditanam udara akan menjadi panas dan banyak bencana,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PKK Kecamatan Citangkil, Ilva Purwanti mengapresiasi kegiatan pencanangan penanaman pohon tersebut. Kegiatan diharapkan dapat memberi dampak positif untuk masyarakat.

“Saya sangat senang banget dengan bantuan bibit pohon dari pihak PT PLN (Persero) Wilayah IV yang bekerjasama dengan GOW Kota Cilegon ini. Saya juga berharap, CSR ini tidak hanya bentuk bibit pohon saja, tapi ada bantuan lain seperti kelengkapan untuk menunjang kegiatan di Posyandu,” imbuhnya. (Ully/Red)

Komnetar anda tentang berita diatas?