Sebuah kapal barang sandar di Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Banten, Kecamatan Ciwandan, Cilegon. (Foto Dok)

CILEGON, SSC – Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten sedang merampungkan revisi Rencana Induk Pelabuhan (RIP) Banten menyusul telah diterimanya usulan perencanaan, pembangunan dan pengembangan pelabuhan dari 6 Badan Usaha Pelabuhan (BUP) di Banten. Salah satunya permohonan pada RIP itu juga telah diajukan oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PT PCM) untuk pembangunan Pelabuhan Warnasari.

“Itu kemarin kan kita minta BUP untuk mengajukan perubahan-perubahan. Kita akan merevisi RIP tahun 2017, makanya mereka masukan data semua. Setelah data masuk, ada sekitar 6 BUP yang sudah mengusulkan untuk RIP. Diantaranya, PCM, BBJ, KBS, Wilmar dan lainnya,” ungkap Kepala KSOP Banten, Yefri Meidison dikonfirmasi, Selasa (31/7/2018).

Selain BUP, kata Yefri, pengembangan dari 54 Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang ada di Banten juga dimasukan kedalam revisi RIP. Namun data TUKS tidak dirinci secara detail.

“Untuk TUKS itu masuk cuman hanya disebutkan titik-titiknya saja. TUKS ada sekitar 54 di Banten. Untuk gambarnya di RIP itu, hanya untuk BUP saja,” terangnya.

Setelah seluruh rencana pembangunan dan pengembangan Pelabuhan diterima, KSOP akan menyusun RIP. Diperkirakan RIP dapat diajukan ke Kementerian Perhubungan paling lambat pertengahan bulan Agustus ini.

“Kita akan kumpulkan lagi dengan konsultan semua, paling lambat sudah diajukan pertengahan agustus. Kita tidak mau ada perubahan lagi. Nanti akan kita minta (kesepakatan) pernyataan (bersama) dari mereka semua,” terangnya.

Disinggung kapan RIP akan ditandatangani Menteri Perhubungan, seluruh dokumen RIP akan di verifikasi terlebih dahulu. Bila telah memenuhi syarat maka RIP akan dikeluarkan.

“Tergantung kepada Pak Menteri, tapi nanti kan diteliti dan diverifikasi dulu oleh biro hukum, bagian perencanaan. Nanti akan dibahas dan kalau sudah okay, RIP bisa keluar,” ujar Yefri. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here