CILEGON, SSC – Bus Damri yang biasa mangkal di Kantor Dinas Perhubungan, Kota Cilegon kini telah berada di jalurnya. Bus milik BUMN ini kini menaikan dan menurunkan penumpang di Terminal Seruni.

Pantauan selataunda.com di lapangan, pihak Dishub dan Perum Damri Cabang Serang langsung meninjau lokasi Terminal Seruni pada Jumat (14/6/2019) sekitar pukul 15.30 WIB. Tampak Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Hendra Pradipta, Kepala Terminal Seruni, Robi Hidayat, General Manajer
Perum Damri Cabang Serang, Haris Sutanto dan pejabat lainnya meninjau lokasi yang akan dijadikan area mengangkut penumpang.

Sejumlah pejabat Dishub Cilegon dan Perum Damri Cabang Serang meninjau lokasi penempatan Bus Damri di Terminal Seruni, Kota Cilegon.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Hendra Pradipta mengatakan, Dishub telah berkoordnasi dengan Perum Damri membahas tentang pemindahan angkut penumpang Bus Damri. Dalam keputusan yang disepakati, Bus Damri tidak lagi mengangkut dan menurunkan penumpang di Kantor Dishub. Bus Damri, kata dia, kini beroperasi di Terminal Seruni terhitung mulai Besok, Sabtu (14/6/2019) dini hari.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak damri kalau mulai malam ini atau dini hari pukul 01.00 WIB sudah efektif di Terminal Seruni,” ungkapnya.

Baca : Walikota Cilegon ‘Murka’ Kantor Dishub Jadi Tempat Mangkal Bus Penumpang

Hendra menjelaskan, pemindahan operasi bus damri ini tentunya dilakukan dengan mempertimbangkan aspek regulasi. Setiap bus harus melewati Terminal. Adapun sebelumnya saat damri mangkal di Kantor Dishub karena pertimbangan keamanan untuk memudahkan pelayanan ke masyarakat.

“Kenapa melintas di Dishub, memang sebelumnya pelayanan damri (mengangkut penumpang di Kantor Dishub) mempertimbangkan keamanan penumpang. Kan kita tahu, pelayanan damri itu dari malam sampai pagi hari ke siang hari. Itu semata-mata karena pertimbangan sisi keamanan masyarakat,” ungkapnya.

Pengoperasian bus damri ataupun bus lain yang sebelumnya sempat mangkal di Kantor Dishub, kata Hendra, kini sudah sesuai dengan jalurnya. Bus  sudah ditempatkan di Terminal Seruni sesuai arahan yang disampaikan Walikota Cilegon, Edi Ariadi. Pihaknya mengapresiasi Perum Damri Cabang Serang dapat mengikuti aturan yang diberlakukan Pemkot Cilegon.

Mengenai sarana dan prasarana untuk Damri dan pelayanan penumpang saat di Terminal Seruni, paparnya, akan dikoordinasikan lebih lanjut.

“Saya sudah sampaikan, kalau memang cuman lintasan itu ada dalam kewenangan kepala terminal. Tetapi nanti kalau ada kantor (Damri di Terminal), itu bisa dilakukan dengan pola sewa,” ujar mantan Kepala Seksi Aset BPKAD ini.

Sementara, General Manajer
Perum Damri Cabang Serang, Haris Sutanto mengaku akan menjalankan regulasi pemerintah daerah. Setiap bus sejatinya beroperasi ataupun melintas di setiap terminal yang ada di daerah seperti di Cilegon.

“Karena kita ikuti regulasi, kita ikuti aturan yang ada. Memang lebih jelasnya harus disini, kan ini Terminal. Kita harapkan, kedepannya, lebih safety disini,” tandasnya.

Pihaknya berharap dengan perpindahan operasi bus Damri dari Kantor Dishub ke Terminal Seruni, ada peran serta media untuk menginformasikannya. Hal itu disampaikan agar penumpang dimudahkan dalam pelayanan.

“Kita juga meminta ke teman media untuk membantu sosialisasikan perpindahan dari Kantor Dishub ke Terminal Seruni ini,” pungkasnya. (Ronald/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here