CILEGON, SSC – Pembuangan Lumpur PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) ke lokasi lahan Pelabuhan Warnasari cukup menjadi sorotan belakangan ini oleh publik termasuk Walikota Cilegon, Edi Ariadi. Sebagai orang nomor 1 yang bertanggungjawab terhadap aset lahan warnasari yang dikelola oleh PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM), mantan Sekda ini sudah turun ke lokasi dan berkesimpulan akan segera memanggil pihak LCI.

“Rencana akan saya panggil antara Senin atau Selasa mendatang. Kemarin (Rabu,red) saya juga sudah lihat langsung kondisi pembuangan limbah yang dilakukan oleh PT LCI ke Pelabuhan Warnasari. Nantilah secara detailnya pas kita panggil. Sekalian saya juga akan menanyakan langsung ke mereka,” ujar Edi usai kegiatan Bulan Panutan Wajib Pajak Daerah di Sari Kuring Indah, Kota Cilegon, Kamis (11/7/2019).

Edi menyatakan, pemanggilan tersebut akan terkait dengan ada tidaknya perizinan yang melekat pada pembuangan lumpur tersebut. Termasuk pihaknya akan menanyakan izin Analisa Dampak Lingkungan (Amdal) dan Surat Izin Kerja Keruk dan Reklamasi (SIKR) dari LCI.

Baca : Walikota Cilegon Akui Izinkan Lumpur Lotte Dibuang ke Pelabuhan Warnasari

“Akan saya tanya izinnya, Amdalnya. Apakah pengerukan itu berizin nggak? Apakah itu menyatu di Amdalnya nggak? Saya tanya kemarin itu, makanya nanti mau saya undang. Termasuk SIKR di Amdal nggak, kalau nggak ada di amdal dan ngeruk, dia harus punya izin,” terangnya.

Sementara itu, General Manager PT Lotte Chemical Titan Nusantara (LCTN), Marijono mengaku bila pihaknya belum menerima surat pemanggilan dari Waikota Cilegon terkait persoalan pembuangan lumpur ke Pelabuhan Warnasari.

“Belum terima suratnya. Pak wali (Edi,red) juga belum ngomong apa-apa tuh,” ujar Mariono.

Baca juga : PCM Bantah Pelabuhan Warnasari Disalahgunakan Untuk Pembuangan Lumpur Lotte

Ia mengakui, belakangan proyek pengurugan Lumpur LCI di lahan Pelabuhan Warnasari santer dibicarakan banyak pihak. Namun kewenangan untuk menjelaskan hal tersebut bukan berada pada dirinya selaku GM LCTN.

“Kalau bapak masuk ke Lotte LCTN. Kalau yang santer dibicarakan itu bagian Lotte project, beda itu. Pastilah pihak proyek akan memenuhi panggilan walikota untuk menjelaskan aktivitas proyek pengerugan lumpur ke Pelabuhan Warnasari,” tandasnya seraya meninggalkan awal media. (Ully/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here